Pages

Senin, 30 Januari 2023

Teknik Mesin, Apakah Ini Jurusan yang Tepat Buatmu?

 



Di Jurusan Teknik Mesin ternyata memerlukan bekal tersendiri.

Salah satu dampak nyata dari revolusi industri di Inggris yang terjadi sekian tahun lalu adalah keberadaan mesin dan perannya dalam kehidupan kita sehari-hari di masa kini. Contoh sederhananya, siapa sih yang enggak pakai mobil atau motor saat ini? Pesawat, kapal, hingga barang-barang elektronik yang ada di rumah juga termasuk mesin. Itulah sebabnya, ilmu tentang mesin adalah salah satu bidang yang memiliki peran penting dalam peradaban mekanik ini.

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin merupakan bidang keilmuan yang mempelajari prinsip dasar fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan memelihara sebuah sistem mekanik. Ilmu ini terdiri dari sejumlah cabang ilmu, yakni mekanika, teknik material, kinematika, termodinamika, dan energi. Secara umum, teknik mesin terdiri dari perancangan mekanik dan konstruksi, proses manufaktur dan sistem produksi, konversi energi, dan metalurgi.

Meski menjadi jurusan yang tidak difavoritkan, jurusan Teknik Mesin memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Dengan tujuan mencetak lulusan yang memiliki bekal dasar teknik yang kuat sehingga lulusan teknik mesin mampu merancang, membuat, menggunakan dan mengelola mesin dan sistem yang berkaitan dengan permesinan.


Secara umum, kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb.

Pengetahuan dan Keahlian

·        Pemahaman fisika

·        Pemahaman matematika

·        Pemahaman gambar 2D dan 3D

·        Kemampuan menggambar teknik

·        Kemampuan mengoperasikan AutoCad

·        Kemampuan bekerja dalam tim

·        Kemampuan dalam meneliti

·        Kemampuan melakukan analisis

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Mesin?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Mesin.

1)   Industri otomotif sangat memerlukan lulusan teknik mesin untuk merancang kendaraan bermotor.

2)   Perusahaan-perusahaan di industri manufaktur dan otomatisasi juga nggak kalah butuh lulusan teknik mesin.

3)   Lulusan teknik mesin memiliki peranan penting dalam menciptakan alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi.

4)   Ilmu dan pengetahuan seputar konversi energi yang kamu dapat akan jadi nilai jual yang sangat tinggi, mengingat banyaknya perusahaan yang berlomba menciptakan alat dari sumber energi terbarukan untuk membantu aktivitas manusia.


 

Propek Kerja

Lulus dari teknik mesin kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di balik komputer sebagai engineer, maintenance planner, ataupun designer. Karena perusahaan-perusahaan di industri otomotif, kedirgantaraan, manufaktur dan otomatisasi, bioteknologi, maupun minyak dan gas membutuhkanmu dalam melakukan perancangan produk tertentu. Jadi peluang karier untuk lulusan teknik industri sangat besar

Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Berikut ini beberapa bidang karier yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Teknik Mesin:

1)   Mekanik Pesawat

2)   Perancang dan Teknisi Mesin

3)   Bagian Perencanaan Produk Otomotif

4)   Teknisi dan Operator Pabrik

5)   Mekanik Mobil

6)   Teknisi Robot (Robot Engineer)

Itulah informasi seputar jurusan teknik mesin, menarik bukan? Di SMK Forward Nusantara juga menyediakan pilihan jurusan Teknik Mesin lho. SMK Forward Nusantara mencetak lulusan siap kerja dengan dibekali pengalaman & skill untuk menyambut masa depan gemilang. Buruan Daftar!

 

 




0 komentar:

Posting Komentar