Pages

Senin, 30 Januari 2023

Suka Makan dan Masak? Jurusan Tata Boga Bisa Jadi Pilihan Kamu

 


Kalau aktif di media sosial, pasti kamu menyadari kalau dunia kuliner lagi berkembang belakangan ini. Orang berlomba-lomba menciptakan resep sederhana dari bahan-bahan murah yang bisa diikuti di rumah. Terus, kamu akan kepikiran, apa hobi masak-masak ini bisa masuk ranah formal dan profesional? Tentu bisa dong!

Salah satu jalan yang bisa kamu tempuh adalah dengan masuk jurusan Tata Boga. Serunya lagi, jurusan Tata Boga nggak hanya belajar soal masak-masak, tetapi juga mempelajari teknik penyajian makanan yang memperhatikan estetika, kualitas, rasa, dan kebutuhan gizi.

Mata Pelajaran Jurusan Tata Boga

Jurusan Tata Boga ternyata juga berkaitan dengan sains dan ilmu gizi loh. Jadi, nggak cuma masak aja, kamu harus memperhatikan soal gizi, higienitas, bahkan sampai sanitasi. Praktek pengelolaan dan pemrosesan pun bakal kamu pelajari di sini. Misalnya, tentang apa yang harus dan nggak boleh dilakukan saat mengelola bahan protein atau sayuran, dan sebagainya.

Selain itu, beberapa mata pelajaran wajib yang bakal kamu pelajari di jurusan Tata Boga, di antaranya:

v Etika                                 

v Kimia Dasar

v Matematika

v Sosiologi

v Dasar-dasar Manajemen

v Ilmu Gizi

v Higiene

v Sanitasi

v Kewirausahaan

v Dasar Boga

v Kimia Makanan

v Dekorasi Makanan

v Gizi Terapan

v Pengolahan Makanan Nusantara

v Teknologi Makanan

v Pengolahan Makanan Oriental

v Dekorasi Kue

v Tata Hidang

v Bakery

v Analisis Mutu Pangan

v Pengelolaan Usaha Boga

v Pastry

v Kesehatan dan Keselamatan Kerja

 



 

Karakter Siswa Yang Sesuai

·        Teliti

·        Tekun

·        Detil

·        Terstruktur

·        Independen

·        Senang melakukan riset

·        Keterampilan komunikasi

·        Bisa bekarjasama dengan team

 

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga

Kuliner tidak akan pernah ada matinya. Perkembangan di sektor pariwisata juga ikut serta meningkatkan antusiasme di bidang kuliner. Lulusan tata boga dapat berkarir di industri kuliner sendiri, maupun di industri pariwisata. Lulusannya dapat berkarir sebagai koki atau chef, baker, barista, atau bartender di berbagai hotel, restoran, dan kafe. Selain itu, lulusan Tata Boga juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha kuliner sendiri.

Apakah kamu tertarik untuk memilih jurusan Tata Boga? Atau masih bingung cari sekolah SMK dengan Jurusan Tata Boga? Kami kasih tau niihh.. SMK Forward Nusantara juga ada pilihan Jurusan Tata Boga lho.. Kamu bisa daftar dengan biaya yang terjangkau, dan juga dibekali ruangan kelas nyaman dan fasilitas pendukung yang lengkap. Ayo buruan daftar!


0 komentar:

Posting Komentar