Pages

Senin, 16 Maret 2020

Arti Dari Lockdown, WFH, Dan Kata-Kata Lain yang Sedang Populer Saat Ini

Source : Freepik.com

  Kata Lockdown jadi salah satu kata paling populer pasca merebaknya pemberitaan seputar virus Corona atau Covid-19. Apa sebenarnya arti Lockdown?

  Bukan hanya Lockdown, banyak kata-kata populer lainnya yang diambil dari bahasa asing. Salah satunya Social DistancingPandemi dan juga Epidemi.

  Istilah-istilah tersebut sering disebut dalam setiap pemberitaan yang terkait dengan virus Corona. Misalnya istilah Social Distancing. Istilah ini banyak disebut oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Karna ia yakin, bahwa jika di adakannya sosial distancing dipercaya bisa mencegah penyebaran virus Corona.
Beberapa Istilah yang Sering di Gunakan Saat Ini
1. Lockdown
  Lockdown diambil dari bahasa Inggris, artinya adalah terkunci. Jika dikaitkan dalam istilah teknis dalam kasus virus Corona atau COVID-19, arti kata Lockdown adalah mengunci seluruh akses masuk maupun keluar dari suatu daerah maupun negara.

  Tujuan dari mengunci suatu wilayah tersebut bertujuan agar virus Corona tidak menyebar lebih jauh lagi. Jika suatu daerah dikunci atau di-Lockdown, maka semua fasilitas public (Sekolah, Transportasi Umum, dan lain-lain) harus ditutup.

  Sekolah, transportasi umum, tempat umum, perkantoran, bahkan pabrik harus ditutup dan tidak diperkenankan beraktivitas. Aktivitas warganya pun dibatasi. Bahkan beberapa negara memberlakukan jam malam kepada warganya guna mencegah cepatnya penyebaran virus tersebut.

  Ketika virus Corona menyebar di kota Wuhan, China, pemerintah setempat memberlakukan kebijakan Lockdown, disusul kota-kota lainnya di China yang penyebaran virusnya begitu massif.

  Sementara di Eropa, Italia jadi negara yang menerapkan kebijakan Lockdown setelah penyebaran virus Corona di sana meningkat tajam dan menjangkiti ribuan orang.

  Meskipun begitu, tidak semua negara mengunci wilayahnya setelah penyebaran virus Corona masuk ke wilayahnya. Korea Selatan memilih tidak mengunci wilayahnya, namun mengambil kebijakan lain untuk mencegah penyebaran virus Corona.
2. Work From Home (WFH)

  WFH atau Work From Home menjadi populer. Istilah ini berarti bekerja dari rumah. Terkait dengan virus Corona, Anda tidak perlu pergi bekerja untuk mengurangi risiko tertular virus Corona.

  Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dari rumah dan bisa dilakukan secara online jika memungkinkan.

  Jika dikaitkan dengan situasi di Indonesia saat ini terkait penyebaran virus Corona, presiden Joko Widodo sudah mengimbau agar bekerja dari rumah, sama halnya seperti sekolah dan beribadah diimbau untuk dilakukan di rumah saja.
3. Epidemi dan Pandemi

  Epidemi merujuk pada penyebaran penyakit secara cepat dengan jumlah yang terjangkit banyak dan tidak normal. Biasanya suatu penyakit disebut Epidemi jika menyebar di sebuah wilayah dalam jumlah penderita yang banyak, namun skalanya lebih kecil dibanding Pandemi.

  Jika Epidemi menyebar di suatu wilayah saja, maka Pandemi berarti penyakit Tersebut sudah menyebar ke seluruh dunia atau penyebarannya terjadi secara global. Levelnya pun lebih tinggi dibanding Epidemi.

  Dalam kasus virus Corona, WHO menetapkan Covid-19 sebagai Pandemi setelah menyebar hampir di seluruh negara.

4. Social Distancing

  Selanjutnya adalah Social Distancing, istilah ini merujuk pada tujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang lain dalam jarak dekat. Social Distancing juga bertujuan untuk mengurangi penularan virus dari orang ke orang.

  Sementara istilah Social Distancing menurut Center for Disease Control (CDC) adalah menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dengan manusia, dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

  Selain istilah Social Distancing, dalam bahasa Indonesia juga ada istilah isolasi dan karantina. Kedua istilah ini termasuk populer pasca merebaknya virus Corona di berbagai negara.

  Menurut Ivan Lanin, pemerhati Bahasa Indonesia, isolasi maupun karantina bertujuan untuk mengendalikan penyebaran penyakit dengan membatasi perpindahan orang.

  Hanya saja antara isolasi dan karantina ada perbedaan mendasar, jika yang dimaksud adalah mencegah perpindahan penyakit dari orang sakit, maka dilakukan isolasi.

  Sementara jika mencegah perpindahan penyakit ke orang yang sehat, maka istilah yang digunakan adalah karantina. Intinya isolasi dilakukan pada orang sakit, sementara karantina ditujukan kepada orang yang sehat.

  Itulah Beberapa istilah Populer yang Sering Disebut Saat Ini, Terimakasih karena telah membaca artikel kami.
Source: https://www.harapanrakyat.com




  Nah, Sekarang Aku mau memberi tahu nih ke Kalian Semua, SMK Forwad Nusantara sedang membuka penerimaan Peserta Didik Baru Lho, Mari Cari tahu infonya di smk-fornus.sch.id.


0 komentar:

Posting Komentar