Pages

Minggu, 08 Maret 2020

Mari Kita Cari Tahu Alasan Di Adakannya International Women's Day

Source : Instagram : @SMK Fornus

Hari Wanita Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 8 Maret untuk merayakan pencapaian Wanita sepanjang sejarah dan lintas negara. Hari ini juga biasanya dikenal sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak-Hak Wanita dan Perdamaian Internasional.

Lalu Apa yang Biasa Dilakukan Pada Saat Hari Wanita Internasional ? 

Acara Hari Wanita Internasional diadakan di seluruh dunia serentak pada tanggal 8 Maret. Dan di ikuti oleh berbagai kalangan wanita, termasuk pemimpin politik, komunitas, bisnis, serta pendidik, penemu, pengusaha, tokoh televisi terkemuka, dan yang lainnya. Biasanya ada beberapa tokoh yang diundang untuk berbicara di berbagai acara pada hari itu.

Acara semacam itu dapat meliputi seminar, konferensi, makan siang, makan malam atau sarapan. Pesan-pesan yang diberikan pada acara-acara ini sering berfokus pada berbagai tema seperti inovasi, penggambaran Wanita di awak media, atau pentingnya pendidikan dan peluang karier.
Banyak siswa/i di sekolah dan lingkungan pendidikan lainnya berpartisipasi dalam pelajaran khusus, debat atau presentasi tentang pentingnya Wanita dalam masyarakat, pengaruh mereka, dan masalah yang mempengaruhi mereka.

Di beberapa negara, anak-anak sekolah membawa hadiah kepada guru Wanita mereka dan Wanita menerima hadiah kecil dari teman atau anggota keluarga. Banyak tempat kerja memberikan perhatian khusus tentang Hari Wanita Internasional melalui buletin atau pemberitahuan internal, atau dengan membagikan materi promosi yang berfokus pada hari itu.

Latar Belakang Ditetapkannya Hari Wanita Internasional pada Tanggal 8 Maret
Souce : Discovery Gateway

Banyak kemajuan yang telah dibuat untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak Wanita dalam beberapa waktu terakhir. Namun, tidak ada tempat di dunia yang bisa mengklaim bahwa wanita memiliki semua hak dan peluang yang sama dengan pria, menurut PBB. Mayoritas, 1,3 miliar orang miskin di dunia adalah wanita. Rata-rata, Wanita menerima antara 30 dan 40 persen upah yang lebih sedikit, untuk pekerjaan yang sama. Wanita juga terus menjadi korban kekerasan, dengan pemerkosaan dan kekerasan dalam rumah tangga terdaftar sebagai penyebab signifikan kecacatan dan kematian di antara Wanita di seluruh dunia.

Lalu di tetapkanlah Hari Wanita Internasional pertama yang terjadi pada 19 Maret 1911. Acara perdana tersebut meliputi aksi unjuk rasa dan pertemuan yang diselenggarakan, merupakan keberhasilan besar di negara-negara seperti Austria, Denmark, Jerman dan Swiss.

Tanggal 19 Maret tersebut dipilih karena memperingati hari ketika raja Prusia berjanji untuk memberikan suara bagi para wanita pada tahun 1848. Janji itu memberi harapan akan kesetaraan, tetapi itu adalah janji yang gagal ia pertahankan. Tanggal Hari Wanita Internasional pun kemudian dipindahkan ke  Tanggal 8 Maret 1913.

Lalu PBB menarik perhatian global terhadap keprihatinan Wanita pada tahun 1975 dengan menyerukan Tahun Wanita Internasional. PBB juga mengadakan konferensi pertama tentang wanita di Mexico City pada tahun tersebut.

Majelis Umum PBB kemudian mengundang negara-negara anggota untuk menyatakan 8 Maret sebagai Hari PBB untuk Hak-Hak Wanita dan Perdamaian Internasional pada tahun 1977. Pada hari itu bertujuan membantu negara-negara di seluruh dunia menghapus diskriminasi terhadap Wanita. Ini juga difokuskan untuk membantu Wanita mendapatkan partisipasi penuh dan setara dalam pembangunan global. Sebaliknya, Hari Laki-Laki Internasional juga dirayakan pada tanggal 19 November setiap tahun.

Logo International Women's Day

Logo International Women's Day.
Logo International Women's Day

Logo Hari Wanita Internasional berwarna ungu dan putih dan menampilkan simbol Venus, yang juga merupakan simbol Wanita.

Wajah-wajah wanita dari semua latar belakang, usia, dan negara juga terlihat dalam berbagai promosi, seperti poster, kartu pos dan buklet informasi, pada Hari Wanita Internasional.

Berbagai pesan dan slogan yang mempromosikan hari itu juga dipublikasikan sepanjang tahun ini.

Sumber : www.liputan6.com


0 komentar:

Posting Komentar