Pages

Sabtu, 09 Mei 2020

Beberapa Kelebihan Dari Masuk Sekolah SMK Untuk Masa Depan Kamu



Siswa/i yang baru lulus Sekolah Menengah Pertama dan bingung mau melanjutkan sekolah kemana. Pelajar SMP yang sudah tamat atau lulus pasti akan melanjutkan sekolah kembali ke jenjang sekolah atas dengan 2 pilihan yakni, SMA atau SMK. 

Sekolah dibutuhkan supaya nanti dimasa depan anda bisa menjadi orang yang berkarir dan juga sukses di masa depan. Manfaat dari sekolah bukan hanya untuk mencari Ijazah dan sertifikat saja. Sekolah adalah sumber pencari ilmu pengetahuan yang sangat diperlukan untuk anda sendiri dimasa depan nanti. 

Pentingnya bersekolah supaya anda tidak menjadi orang yang bodoh dan tidak mengetahui hal-hal yang ada di kehidupan sekitar. 

Dengan Artikel ini yang anda dapat menemukan jawabanya setelah anda sudah tamat dari SMP. Mungkin anda tidak akan berpikaran mengenai pertanyaan tersebut saat anda masih duduk dibangku SMP, namun suatu saat anda pasti memperlukan jawaban yang pasti dalam memilih sekolah setelah anda sudah lulus dari SMP nantinya. 

Pemilihan sekolah saat anda lulus dari SMP sangat dibutuhkan, karena itu merupakan faktor paling penting untuk karir dimasa mendatang. Dalam memilih sekolah sebaiknya anda harus tau dulu mau melanjutkan sekolah kemana. Anda akan dibingungkan oleh masa-masa ketika anda lulus dari SMP, dan anda juga harus memilih salah satu diantara SMK dan SMA. 

Apa perbedaan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?
Dari segi tujuan utama, SMA dan SMK sebenarnya sama. Tujuan utamanya yaitu sama-sama untuk mencari ilmu. Namun SMA dan SMK memiliki masing-masing keunggulan yang sangat menonjol dalam pelajaran bidang studi dan tujuan lainnya. Berikut adalah Keunggulan dari sekolah di SMK: 

1. Menguasai Keahlian Kejurusan 


Source : Instagram : smk_forward_nusantara

Pelajar SMK memiliki kemampuan dibidang yang diminatinya. Ketika anda masuk dan mendaftar di sekolah SMK negeri atau swasta wajib memilih jurusan untuk anda ambil. Jurusan yang anda pilih menjadi pelajaran yang akan ditargetkan dan akan anda pelajari. 

Keahlian yang sering banyak diambil oleh anak yang baru mendaftar di SMK banyak sekali, Jurusan tersebut seperti, teknik komputer dan jaringan(TKJ), teknik kendaraan ringan (TKR), teknik Akuntansi(AK) dan lain-lain. 

Setiap sekolah memiliki kejuruan yang berbeda-beda. Bila anda mencari sekolah SMK, sebaiknya anda memilih sekolah yang memiliki jurusan yang sedang anda minati. Sekolah SMK mengutamakan anak didiknya handal dalam keahliannya. 

Guru yang akan mendidik anda di SMK lebih mengutamakan pelajaran jurusan dari pada pelajaran lain. Waktu belajar pelajar SMK sama saja dengan pelajar SMA, namun dalam pelajaran teori praktek anak SMK lebih unggul. 

2. Pelajaran Praktek Lebih diutamakan 


Source : Instagram : smk_forward_nusantara

Pelajar SMK lebih mengutamakan teori praktek daripada tulis, hal tersebut karena anak SMK ditargetkan dalam pelajaran kejuruan yang memang harus banyak dipelajari dalam teori praktek. Pelajaran anak SMK yakni sama saja seperti pelajar SMK, yang jadi kelebihannya, anak SMK memiliki tambahan pelajaran Keahlian dan mempunyai teori lebih banyak daripada pelajaran lainnya. 

Teori praktek anak SMK berbeda-beda disetiap jurusan yang diambilnya. Bila anda salah satu pelajar SMK pasti tahu praktek apa saja yang banyak anda pelajari disekolah. Tidak semua pelajaran kejuruan selalu praktek, teori yang di terangkan oleh guru kejuruan juga tidak akan luput dari teori tulis. 

Teori pelajaran tulis selalu diawali terlebih dahulu sebelum anda mendapatkan teori praktek, hal tersebut dikarenakan anda harus mengetahui tahap-tahapnya sebelum anda terjun ke teori praktek, supaya anda tidak bingung dan kerepotan saat memulai pelajaran praktek. 

3. Merasakan Praktek Kerja Langsung (Prakerin) 


source : siedoo.com

Hal yang dirasakan oleh pelajar SMK yakni akan diwajibkan melakukan praktek kerja industri (Prakerin). Praktek ini memang harus dikerjakan apabila ingin lulus dengan nilai yang bagus. Prakerin akan dilakukan oleh pelajar smk ketika duduk di bangku kelas 2, namun ada juga sekolah lain yang melaksanakan Prakerin di kelas 3. 

Prakerin sangat penting bagi pelajar SMK, manfaat prakerin agar anda bisa mengerti dan mengetahui cara menjadi seorang pekerja atau karyawan di sebuah perusahan. Oleh karena itu bagi anak lulusan SMK bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan , karena SMK sangat diunggulkan untuk siap bekerja. 


4. Siap Untuk Bekerja Setelah Lulus SMK 


Source : Forbes

Kelebihan lain dari anak lulusan SMK yaitu siap untuk bekerja. Anak SMK bisa bekerja dengan cepat dari skil yanh dimiliknya sejak duduk dibangku sekolah. Peluang bekerja lebih besar bila dibandingkan anak lulusan SMA. Dari segi keahlian tentu saja SMK lebih ahli dalam mencari pekerjaan. Itu sebabnya banyak lulusan SMK yang langsung bekerja. 

Jumlah pengangguran yang sekarang ini lebih banyak dari tahun ketahun membuat anak pelajar SMK semakin giat dalam belajar. Bagi pelajar SMP yang tamat dari sekolah banyak yang lebih memilih untuk mendaftar di Sekolah SMK karena mereka punya keinginan untuk langsung bekerja setelah lulus nanti tanpa harus menganggur lama-lama. 

5. Peluang Membuka Usaha Lebih Mudah


Source : Romadecade.org

Setiap orang pasti beda keyakinan dalam mencari dan memilih jalan kehidupan atau karirnya. Bagi pelajar SMK di zaman sekarang banyak yang berpendapat bahwa mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri daripada bekerja kepada orang lain. Memang dalam membuka usaha tentu saja membutuhkan modal awal. Tetapi dalam mencari modal usaha bisa lebih mudah didapatkan kalau mereka punya ketekatan dan keinginan yang tinggi.

Tidak perlu harus punya ijazah sarjana dalam membuka usaha, Anak lulusan SMK yang punya pemikiran maju pasti bisa membuka usaha sendiri. Dengan bekal keahlian yang dimilikinya sejak duduk di bangku sekolah membuat pelajar SMK memiliki ide yang genius untuk memanfaatkan skill yang dimilikinya.

Misalnya anda lulusan SMK jurusan teknik komputer jaringan (TKJ , anda punya peluang untuk membuka usaha Servis laptop atau koputer dengan modal awal semampunya. Anda bisa menabung untuk mengumpulkan modal untuk membeli alat-alat servis dari bekerja di kantor. Jika tabungan anda sudah siap maka anda bisa membuka usaha sendiri dari hasil keringat anda sendiri. 





Nah, sudah tahu kan informasi mengenai Kelebihan saat masuk sekolah smk. Sekarang Aku mau memberi tahu nih, SMK Forward Nusantara tetap membuka pendaftaran nya secara online , untuk kamu yang penasaran, SMK Forward Nusantara mempunyai 3 Jurusan yaitu TKJ (Teknik Komputer Jaringan), DKV (Desain Komunikasi Visual) dan TKK (Tata Kecantikan Kulit). Ayo buruan daftar, sebelum ketinggalan.

0 komentar:

Posting Komentar